Pemkab Siapkan Lagi 20 Beasiswa
Webmaster : 05 Februari 2009 - 08:54:14

UNTUK meningkatkan sumber daya manusia (SDM) dalam bidang pendidikan, selain dengan Universitas Indonesia, Pemkab Kubar juga melakukan kerjasama dengan universitas-universitas negeri maupun swasta lainnya di luar Kabupaten Kubar. Salah satunya dengan Universitas Sanata Dharma Yogyakarta.

Kadis Pendidikan (Kadisdik) Kubar Ir Fredrick Ellia G MA, melalui Kasi Pengawasan dan Pengendalian Disdik, Mudak SE, mengatakan, Pemkab Kubar memberikan beasiswa bagi 20 orang masyarakat Kubar yang ingin kuliah di universitas tersebut dalam program studi Pendidikan, masing-masing, 5 orang untuk Pendidikan Bahasa Inggris, 5 orang untuk Pendidikan Fisika, 5 orang untuk Pendidikan Biologi, dan 5 orang untuk Pendidikan Matematika.

"Beasiswa hanya bagi yang berminat pada empat program studi tersebut. Namun tidak tertutup kemungkinan untuk mengikuti tes atau eleksi dalam bidang studi lain. Tapi, kuliah dengan biaya sendiri," jelas Mudak.

Sosialisasi penerimaan mahasiswa Universitas Sanata Dharma itu akan dilaksanakan Minggu, 22 Pebruari, sedangkan untuk seleksi atau tes dilaksanakan 23 Pebruari sore. Sosialisasi dan seleksi dilakukan di satu tempat, yakni SMA Negeri 1 Sendawar, Melak. Bagi yang ingin mendaftar diberi kesempatan mulai tanggal 9-20 Februari, pada jam kerja, Senin sampai Jumat. Untuk tempat pendaftaran di Kantor Dinas Pendidikan Kubar, Jalan Perkantoran II Kompleks Perkantoran Pemkab Kubar, dengan biaya pendaftaran  Rp 150.000.

"Tim penguji dari Universitas Sanata Dharma sendiri, kami hanya memasilitasi. Mereka melakukan tes di Kubar setelah melakukan tes di Balikpapan dan Samarinda," kata Mudak.

Mudak juga mengatakan, tes ini biasanya dalam bentuk test potensi
akademik (TPA). "Tes tahun lalu  dengan jumlah 180 soal dalam 200 menit, sub tesnya, antara lain, penalaran verbal, kemampuan numerik, penalaran mekanik, hubungan ruang, dan Bahasa Inggris," ungkapnya lagi.

Sosialisasi dan seleksi ini atas kerjasama Pemkab Kubar dengan
Universitas Sanata Dharma Yogyakarta dalam pengembangan SDM, pemanfaatan teknologi informasi, penerapan teknologi tepat guna dan pengembangan sumber energi alternatif. (hms 11)