.

Perkenalkan Kubar Melalui Dahau Berlangsung 11 Hari sampai 5 November 2016

.

Pemerintah Kabupaten Kutai Barat (Kubar) tak henti-hentinya berupaya memperkenalkan berbagai potensi daerah ini di tingkat nasional maupun internasional. Salah satunya melaksanakan Dahau Sendawar pada perayaan dan peringatan hari jadi ke-17 Kabupaten Kubar yang jatuh 5 November 2016.

Bupati FX Yapan mengatakan, untuk memeriahkan HUT dimaksud, akan dilaksanakan beberapa kegiatan. Yakni pameran, lomba olahraga tradisional (oltrad) seperti menyumpit, begasing, dan lainnya. Selain itu, ditampilkan pergelaran seni budaya oleh perwakilan 16 kecamatan se-Kubar.
“Pergelaran itu nantinya akan diatur panitia pelaksana dan diharapkan menjadi daya tarik bagi wisatawan berkunjung ke Kubar,” ujar Bupati FX Yapan di rumah jabatannya, Rabu (21/9).

Perayaan dan pelaksanaan peringatan HUT Kubar, akan disesuaikan dengan anggaran yang tersedia. Untuk itu, diharapkan kepada panitia menggunakan anggaran dengan sebaik-baiknya. Selain itu, mempersiapkan secara matang susunan kegiatan ini, sehingga dalam rangkaian acara, bisa terlaksana dengan baik.

“Saya sebagai bupati mengharapkan kerja sama semua pihak, mulai panitia, masyarakat, atlet, dan penari. Berkomunikasilah dengan baik. Kalau kerja sama itu dijalankan, saya yakin pekerjaan yang dilaksanakan bisa sukses. Saya percaya sepenuhnya dengan panitia bisa melaksanakannya. Makanya, silakan berkreasi dan tidak perlu ada intervensi,” tegasnya.

Dahau Sendawar dimulai 26 Oktober–5 November 2016 di Taman Budaya Sendawar. Bupati mengimbau kepada 16 kecamatan se-Kubar yang dikoordinasi camat, agar bisa mengisi event dimaksud. Terhadap materi yang ditampilkan,  baik kesenian maupun yang lainnya, akan dilakukan penilaian oleh juri. Selanjutnya, dipilih penampil terbaik pertama hingga empat.

Dahau Sendawar merupakan acara untuk seluruh masyarakat Kubar, sehingga diharapkan pada rangkaian kegiatan tersebut, seluruh masyarakat Kubar bisa hadir. Selanjutnya, bersama-sama merayakan hari jadi kabupaten.
Terpisah, Camat Muara Pahu Saiful Bahri menyatakan siap mendukung dan berpartisipasi menyukseskan Dahau dan perayaan HUT Kubar. Salah satunya, mengikutsertakan masyarakat Muara Pahu pada kesenian olahraga tradisional dan kesenian Melayu.
Kegiatan itu dinilai sangat positif sebagai ajang silaturahmi 16 kecamatan se-Kubar dan Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) lingkup Pemkab Kubar.
“Selain itu, sebagai ajang berkreasi untuk menampilkan budaya yang ada di Kubar, termasuk dari Muara Pahu,” ujar Camat Saiful. (hms6)