Tanaa Purai Ngeriman

Dekranasda Ikutin Legian Beach Festival 2016 Bawa Penenun Ulap Doyo dari Kubar

.

Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Kubar, ikut memeriahkan pameran Legian Beach Festival 2016, di pantai Legian, Bali, selama enam hari dan berakhir Senin (29/8).
Ketua Dekranasda Kubar Yayuk Seri Rahayu Yapan mengatakan di dalam pameran tersebut, Dekranasda sendiri membawa langsung pengrajin penenun ulap doyo dan tumpar berserta alat penenun dari Kubar. Maksudnya, agar para pengunjung bisa mengetahui tata cara pembuatan ulap doyo, sebelum menjadi kain tenunan.
Kehadiran penenun ini membawakan nuansa tersendiri akan keindahan etnik Kutai Barat. Para pengunjung stand dapat melihat langsung para penenun membuat kain. Even ini sangat bagus dan membuka peluang ekonomi bagi kabupaten Kubar guna melestarikan dan memperkenalkan keanekaragaman khas Kubar seperti seni kebudayaan, kuliner, kerajinan  dan lainnya,‚ÄĚkata Yayuk yang juga selaku pimpinan rombongan, Rabu (31/8).
Ditambahkan Sekretaris Dekranasda Kubar Yuyun Diah S, selain itu menampilkan beberapa kerajinan khas Kubar diantaranya, ulap doyo, produk dari ulap doyo, tenun badong tancep, aneka produk manik-manik, jomok (kulit kayu) dan tas rotan.
Kemudian, menyajikan kuliner khas Kubar seperti sup Jelore, bakso Ikan Belida, cream sup jagaq, serbat bromot, bubur jagaq dan jelai. Selain mengikuti pameran, pada kegiatan Disbudparpora Kutai Barat juga menampilkan pertunjukan kesenian berupa tari Datun, Behempas, Hudoq dan lainnya.
Dengan diikutinya kegiatan ini diharapkan menjadi ajang yang baik untuk mempromosikan potensi seni kuliner dan budaya Kutai Barat. Sehingga Kutai Barat tidak hanya dikenal oleh masyarakat luas namun juga dapat diterima oleh di mata dunia. (hms6)