Tanaa Purai Ngeriman

Promosikan Budaya dan Wisata Kubar N250 EBC Sendawar menyerahkan cendramata berupa miniatur lamin khas Kubar kepada Ketua Umum N250RCINDONESIA

.

Kutai Barat merupakan sebuah kabupaten dengan potensi alam luar biasa dan budaya yang sangat kental. Keindahan alam Kubar sangat menyilaukan mata, salah satunya objek wisata Taman Budaya Sendawar,Taman Anggrek, air terjun, danau dan lainnya.
Hal ini lah yang menjadi agenda komunitas Ninja 250RC Indonesia East Borneo Chapter (N250RCI EBC) Sendawar dalam membantu Pemkab Kubar untuk mengemas dan mempromosikannya, agar Kubar bisa menjadi tujuan wisata dunia,”ujar Capten N250RCI EBC Sendawar, Yanuar Ishak. Dia mengatakan ini pada Kopdar gabungan nasional se-Indonesia dan Anniversary ke-8 N250RCI di Hotel Banjarmasin Internasional Kalimantan Selatan, belum lama ini.  
Pariwisata mempunyai energi dobrak yang luar biasa, yang mampu membuat masyarakat setempat mengalami metamorphose dalam berbagai aspeknya. Pariwisata mempunyai banyak manfaat bagi masyarakat bahkan bagi negara sekalipun dan khususnya Kubar sendiri.
Penasehat  N250RCI EBC Sendawar, Philip Silitonga menambahkan banyaknya objek wisata dan seni budaya di daerah ini, bisa membuat Kubar menjadi tujuan wisata utama, layaknya Bali yang sudah mendunia. Kubar bisa menjadi tujuan wisata dunia jika lebih maksimal lagi dalam mengemas dan berpromosi.
Oleh karenanya, masyarakat harus menyadari arti pariwisata di kehidupannya, bahwa pariwisata dapat memberikan keuntungan sendiri, jika masyarakat mampu mengolahnya dengan baik. Faktor pengertian budaya juga penting untuk diterapkan bagi masyarakat. Yang dimaksudkan di sini adalah masyarakat harus mampu menanamkan rasa kepercayaan para wisatawan kepada masyarakat sekitar. (hms6)