Tanaa Purai Ngeriman

Bantuan

.

Kunci sukses dalam kehidupan tidak hanya bergantung pada kecerdasan otak anak, namun lebih kepada ketrampilan emosi sosial yang dimiliki.
Kepala SMK 3 Sendawar Hayani mengatakan peran guru sangat penting dalam memberikan ilmu dan moral, serta mendidik mental siswa. Sehingga saat kembali ke masyarakat atau masuk ke dunia kerja, siswa sudah siap mandiri, tidak ciut dalam mengembangkan diri dan selalu termotivasi dalam membaca peluang kerja yang ada.
Guru juga harus berani dan berusaha memberikan terobosan-terobosan yang mampu mengembangkan kemandirian siswa sesuai dengan keterampilan dimilikinya, agar kedepan bisa bersaing dengan siswa lainnya, dalam meningkatkan kualitas sumber daya manusia,”kata Hayani didampingi Ketua Komite SMK 3 Sendawar, Unat pada peringatan HUT ke-71 Republik Indonesia dan sekolah binaan UT (Sobat) di SMK 3 Sendawar Jalan Pelajar RT 3 Kampung Ngenyan Asa Kecamatan Barong Tongkok, Sabtu (20/8).
Dia menambahkan salah satu terobosan yang telah dilakukan seperti melakukan memorandum of understanding (MoU) dengan perusahaan di Kubar, diantaranya PT United Tractors Tbk. “Ini sangat penting dilakukan, karena bisa membantu siswa dalam praktek kerja industri (Prakerin) dan mengasah keterampilan yang dimilikinya,”ujarnya    
Adapun kegiatan Sobat ini diantaranya melakukan penanaman 30 pohon buah Mangga dan Jambu Klutuk di lingkungan sekolah, menghibahkan berupa komponen praktek kepada siswa dan lainnya. “Kami selaku kepanjangan tangan pemerintah Kubar menyampaikan terima kasih kepada perusahaan-perusahaan yang telah membantu demi kemajuan dunia pendidikan di Kubar,”ujarnya.
Diketahui, selama 6 tahun sejak berdirinya SMK tersebut pada 2011-2016, telah meluluskan siswa sekitar 100 orang yakni 70 persen bekerja di perusahaan, 20 persen melanjutkan studi kejejang berikutnya (kuliah di universitas), 10 persen bekerja di instansi di lingkungan Pemkab Kubar,”rincinya