Selasa 21 Februari Pukul 10.00 Syukuran Masyarakat dan Presmian Gedung Serbaguna Serta Sarana Air Bersih Kampung Sakaq Lotoq Kecamatan Mook Manaar Bulant (kampung sakaq lotoq)

Logo Definition

  1. Lambang berbentuk perisai bersudut lima mengandung makna bahwa perisai sebagai alat perlindungan bagi masyarakat Kutai Barat untuk mencapai cita-cita sebagai masyarakat yang maju sejahtera dan senantiasa dijiwai oleh semangat Pancasila.
  2. Bintang bersudut lima berarti Pancasila sebagai dasar dan falsafah Negara Republik Indonesia.
  3. Tulisan Kabupaten Kutai Barat berarti nama daerah dan wilayah hukum pemerintah Kabupaten Kutai Barat.
  4. Seraung yang dilengkapi dengan rumbai berjumlah LIMA (5), kotak warna-warni berjumlah SEBELAS, dan bulatan kecil melingkari seraung berjumlah SEMBILAN PULUH SEMBILAN, mengandung makna bahwa Kabupaten Kutai Barat resmi berdiri tanggal 5 November 1999, merupakan tonggak sejarah dimulainya roda pemerintah di Kabupaten Kutai Barat.
  5. Lamin beratap sirap dengan Ornament Asoq Lejau diujung bumbung kiri kanan, berdinding papan kayu dan tampak tiang kokoh berjumlah delapan, mengandung makna bahwa di dalam penyelenggaraan pemerintah, pembangunan, dan kemasyarakatan, pemerintah Kabupaten Kutai Barat senantiasa mengutamakan adanya kebersamaan, kerukunan, menjunjung tinggi rasa kesatuan dan persatuan, setia serta taat pada pimpinan di bawah satu atap.
  6. Perisai dengan motif Ornamen Asoq Lejau mengandung makna sebagai pemimpin dan pejuang sejati yang perkasa, berwibawa dalam membela kepentingan dan keutuhan masyarakat, sebagai penuntun dan mengayomi masyarakat Kutai Barat.
  7. Mandau dan sumpit yang melekat pada perisai melambangkan kewaspadaan sebagai alat pembelaan masyarakat dalam memperjuangkan dan melindungi masyarakat.
  8. Padi dan kapas berarti keadilan sosial.
  9. Tulisan TANAA PURAI NGERIMAN adalah semboyan yang mengandung pengertian :
    • Tanaa adalah tanah atau alam dan negri
    • Purai adalah subur
    • Ngeriman adalah rezeki yang melimpah tanpa akhir
  10. Arti Warna :
    • Hijau berarti Kesuburan
    • Merah berarti Keberanian
    • Putih berarti Kesucian
    • Hitam berarti Kesungguhan
    • Kuning berarti Kejayaan, Keagungan